Minggu, 14 Oktober 2012


E-commerce dan E-business Bioinformatika   
-------------------------------------------------------
E-business

     E-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

       7        strategi taktis untuk sukses dalam e-Business yaitu :

  ð  Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing           manajer produk.
  ð  Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  ð  Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
  ð  Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  ð  Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.  
  ð  Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  ð  Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
  
       Sistem Keamanan e-Business
            Secara alami, sistem keamanan e-Business lebih beresiko dibandingkan bisnis tradisional, oleh karena itu penting untuk melindungi sistem keamanan e-Business dari resiko-resiko yang ada. Beberapa metode untuk melindungi keamanan e-Business dan menjaga informasi tetap aman adalah menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data, transmisi data, perangkat lunak, anti-virus, firewall, dan enkripsi.

      Masalah Keamanan e-Business yaitu :

          ·                    Kerahasiaan dan Pribadi        
          ·                    Keabsahan Data         
          ·                    Integritas Data           
          ·                    Tanpa Penyangkalan
          ·                    Kontrol Akses
          ·                    Ketersediaan Layanan
      
       Keamanan Umum untuk Sistem e-Business
                Berbagai bentuk keamanan ada untuk e-Business. Beberapa pedoman keamanan umum termasuk daerah di keamanan fisik, penyimpanan data, transmisi data, pengembangan, aplikasi dan sistem administrasi.
           ·                    Keamanan Fisik
           ·                    Penyimpanan Data     
           ·                    Transmisi Data dan Pengembangan Aplikasi
           ·                    Sistem Administrasi

       Solusi Keamanan
                Ketika datang ke solusi keamanan, ada beberapa tujuan utama yang harus dipenuhi. Tujuan ini adalah data integritas, otentikasi kuat, dan privasi.

     Berikut ini merupakan contoh contoh e-business yang berkembang di Indonesia :


  ð  www.kaskus.us : sebuah situs berbasis bulletin board service / forum yang diklaim menjadi “no.1 indonesian community”, termasuk juga forum jual dan beli (FJB). Dengan FJB, kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-bisnis di Indonesia.


  ð  Oto.co.id : sebuah situs penjualan mobil milik oto multiartha. semenjak meluncurkan Oto.co.id dan menerapkan e-business  dengan mitranya,  angka  penjualannya meledak menjadi  di  atas Rp  1 triliun pada 2000 atau  tumbuh 400% dan membiayai 15 ribu unit mobil. Setahun kemudian meningkat lagi menjadi Rp 1,5 triliun dengan 20 ribu unit mobil. Dengan demikian, E-business  terbukti memperluas pasar dan meningkatkan penjualan


  ð  PT. Garuda  Indonesia : dapat  dikatakan  garuda Indonesia merupakan  maskapai  penerbangan terbesar dan terbaik di Indonesia, dan telah menerapkan e-business dalam Supply Chain Management. PT Garuda Indonesia telah menerapkan e-procurement sejak Februari  tahun  2002,  kemudian  diikuti  dengan  tender online (e-auction)  tahun  2003.  Pada September 2003  maskapai penerbangan andalan Indonesia ini berhasil melakukan e-auction untuk pengadaan bahan bakar  jet dengan nilai  transaksi mencapai US$ 54 juta


  ð  PT. Rajawali Nusantara Indonesia : PT.  Rajawali  Nusantara  Indonesia (RNI)  juga menerapkan  e-business  terutama untuk  internal business process dan collaboration.  Saat  ini  RNI  menggeluti  beragam  bisnis,  mulai  dari  agro  bisnis untuk bahan mentah seperti gula, minyak kelapa sawit, kulit, teh dan karet, pabrik farmasi,  hingga  perdagangan  peralatan  kesehatan.

--------------------------------------------------------------------------------------

                                                       E-commerce



             E-Commerce adalah membeli dan menjual secara online. Tapi alam semesta e-commerce berisi jenis kegiatan lainnya juga. Singkatnya segala bentuk transaksi bisnis dilakukan secara elektronik adalah e-commerce.


Faktor kunci sukses dalam e-commerce, yaitu :


1.  Menyediakan harga kompetitif
2.   Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.   Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.    Mempermudah kegiatan perdagangan


 Masalah e-commerce, yaitu :


1.    Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2.    Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


  Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

·                     E-mail dan Messaging
·                     Content Management Systems
·                     Dokumen, spreadsheet, database
·                     Akunting dan sistem keuangan
·                     Informasi pengiriman dan pemesanan
·                     Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·                     Sistem pembayaran domestik dan internasional
·                     Newsgroup
·                     On-line Shopping
·                     Conferencing
·                     Online Banking/internet Banking
·                     Product Digital/Non Digital


Contoh E-commerce :


Belanja Online
            Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah Amazon.com.

Pembayaran Elektronik
            Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.

Lelang online.
            Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.

Internet Banking.
            Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat. Keterhubungan antara website dengan rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan pokok utama dalam e-commerce.

Tiket online
            Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket pertunjukan musik, tiket pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di depan loket penjualan tiket.   

E-commerce dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pengguna dalam transaksi:

Bisnis ke Bisnis (B2B)
Transaksi B2B e-commerce adalah sebuah transaksi yang melibatkan dua pihak yang sama-sama organisasi atau pelaku bisnis seperti, produsen, pedagang, pengecer dan sejenisnya.

Business ke Konsumen (B2C)
Transaksi antara penjual, produsen dengan konsumen pemakai produk.

Konsumen untuk Konsumen (C2C)
Agak susah mengartikan C2C tapi beberapa transaksi awal dalam sistem ekonomi global melibatkan barter - jenis transaksi C2C. Situs lelang adalah contoh yang baik dari C2C e-commerce.



       Manfaat E-commerce yaitu cara efisien dalam bertransaksi dikarenakan meniadakan batasan wilayah geografis dan batasan waktu, artinya transaksi ecommerce bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama dapat terhubung secara online. Dalam proses ini, e-commerce biasanya mempermudah operasional dan menurunkan biaya.


-----------------------------------------------------------------------
Persamaan E-commerce dan E-business
            Persamaan dari e-commerce dan e-business berada pada tujuannya yaitu ingin meningkatkan kinerja perusahaan lebih baik, dan berharap perusahaan mengalami kemajuan yang berarti dengan konsep menggunakan teknologi informasi.

Perbedaan E-commerce dan E-business

            E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup.
         E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
   
      Perbedaan E-commerce dan E-business, yaitu :

      * E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian           dari e-business.
    * E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
      * E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi      uang tidak diperlukan.
      * E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.




0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 14 Oktober 2012


E-commerce dan E-business Bioinformatika   
-------------------------------------------------------
E-business

     E-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

       7        strategi taktis untuk sukses dalam e-Business yaitu :

  ð  Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing           manajer produk.
  ð  Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  ð  Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
  ð  Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  ð  Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.  
  ð  Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  ð  Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
  
       Sistem Keamanan e-Business
            Secara alami, sistem keamanan e-Business lebih beresiko dibandingkan bisnis tradisional, oleh karena itu penting untuk melindungi sistem keamanan e-Business dari resiko-resiko yang ada. Beberapa metode untuk melindungi keamanan e-Business dan menjaga informasi tetap aman adalah menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data, transmisi data, perangkat lunak, anti-virus, firewall, dan enkripsi.

      Masalah Keamanan e-Business yaitu :

          ·                    Kerahasiaan dan Pribadi        
          ·                    Keabsahan Data         
          ·                    Integritas Data           
          ·                    Tanpa Penyangkalan
          ·                    Kontrol Akses
          ·                    Ketersediaan Layanan
      
       Keamanan Umum untuk Sistem e-Business
                Berbagai bentuk keamanan ada untuk e-Business. Beberapa pedoman keamanan umum termasuk daerah di keamanan fisik, penyimpanan data, transmisi data, pengembangan, aplikasi dan sistem administrasi.
           ·                    Keamanan Fisik
           ·                    Penyimpanan Data     
           ·                    Transmisi Data dan Pengembangan Aplikasi
           ·                    Sistem Administrasi

       Solusi Keamanan
                Ketika datang ke solusi keamanan, ada beberapa tujuan utama yang harus dipenuhi. Tujuan ini adalah data integritas, otentikasi kuat, dan privasi.

     Berikut ini merupakan contoh contoh e-business yang berkembang di Indonesia :


  ð  www.kaskus.us : sebuah situs berbasis bulletin board service / forum yang diklaim menjadi “no.1 indonesian community”, termasuk juga forum jual dan beli (FJB). Dengan FJB, kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-bisnis di Indonesia.


  ð  Oto.co.id : sebuah situs penjualan mobil milik oto multiartha. semenjak meluncurkan Oto.co.id dan menerapkan e-business  dengan mitranya,  angka  penjualannya meledak menjadi  di  atas Rp  1 triliun pada 2000 atau  tumbuh 400% dan membiayai 15 ribu unit mobil. Setahun kemudian meningkat lagi menjadi Rp 1,5 triliun dengan 20 ribu unit mobil. Dengan demikian, E-business  terbukti memperluas pasar dan meningkatkan penjualan


  ð  PT. Garuda  Indonesia : dapat  dikatakan  garuda Indonesia merupakan  maskapai  penerbangan terbesar dan terbaik di Indonesia, dan telah menerapkan e-business dalam Supply Chain Management. PT Garuda Indonesia telah menerapkan e-procurement sejak Februari  tahun  2002,  kemudian  diikuti  dengan  tender online (e-auction)  tahun  2003.  Pada September 2003  maskapai penerbangan andalan Indonesia ini berhasil melakukan e-auction untuk pengadaan bahan bakar  jet dengan nilai  transaksi mencapai US$ 54 juta


  ð  PT. Rajawali Nusantara Indonesia : PT.  Rajawali  Nusantara  Indonesia (RNI)  juga menerapkan  e-business  terutama untuk  internal business process dan collaboration.  Saat  ini  RNI  menggeluti  beragam  bisnis,  mulai  dari  agro  bisnis untuk bahan mentah seperti gula, minyak kelapa sawit, kulit, teh dan karet, pabrik farmasi,  hingga  perdagangan  peralatan  kesehatan.

--------------------------------------------------------------------------------------

                                                       E-commerce



             E-Commerce adalah membeli dan menjual secara online. Tapi alam semesta e-commerce berisi jenis kegiatan lainnya juga. Singkatnya segala bentuk transaksi bisnis dilakukan secara elektronik adalah e-commerce.


Faktor kunci sukses dalam e-commerce, yaitu :


1.  Menyediakan harga kompetitif
2.   Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.   Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.    Mempermudah kegiatan perdagangan


 Masalah e-commerce, yaitu :


1.    Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2.    Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


  Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

·                     E-mail dan Messaging
·                     Content Management Systems
·                     Dokumen, spreadsheet, database
·                     Akunting dan sistem keuangan
·                     Informasi pengiriman dan pemesanan
·                     Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·                     Sistem pembayaran domestik dan internasional
·                     Newsgroup
·                     On-line Shopping
·                     Conferencing
·                     Online Banking/internet Banking
·                     Product Digital/Non Digital


Contoh E-commerce :


Belanja Online
            Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah Amazon.com.

Pembayaran Elektronik
            Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.

Lelang online.
            Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.

Internet Banking.
            Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat. Keterhubungan antara website dengan rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan pokok utama dalam e-commerce.

Tiket online
            Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket pertunjukan musik, tiket pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di depan loket penjualan tiket.   

E-commerce dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pengguna dalam transaksi:

Bisnis ke Bisnis (B2B)
Transaksi B2B e-commerce adalah sebuah transaksi yang melibatkan dua pihak yang sama-sama organisasi atau pelaku bisnis seperti, produsen, pedagang, pengecer dan sejenisnya.

Business ke Konsumen (B2C)
Transaksi antara penjual, produsen dengan konsumen pemakai produk.

Konsumen untuk Konsumen (C2C)
Agak susah mengartikan C2C tapi beberapa transaksi awal dalam sistem ekonomi global melibatkan barter - jenis transaksi C2C. Situs lelang adalah contoh yang baik dari C2C e-commerce.



       Manfaat E-commerce yaitu cara efisien dalam bertransaksi dikarenakan meniadakan batasan wilayah geografis dan batasan waktu, artinya transaksi ecommerce bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama dapat terhubung secara online. Dalam proses ini, e-commerce biasanya mempermudah operasional dan menurunkan biaya.


-----------------------------------------------------------------------
Persamaan E-commerce dan E-business
            Persamaan dari e-commerce dan e-business berada pada tujuannya yaitu ingin meningkatkan kinerja perusahaan lebih baik, dan berharap perusahaan mengalami kemajuan yang berarti dengan konsep menggunakan teknologi informasi.

Perbedaan E-commerce dan E-business

            E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup.
         E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
   
      Perbedaan E-commerce dan E-business, yaitu :

      * E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian           dari e-business.
    * E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
      * E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi      uang tidak diperlukan.
      * E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com
Sponsored by Free Web Space